Tips Mengemudikan Supaya Hemat Bahan Bakar

Salah satu karakteristik mobil yang sangat diminati masyarakat adalah irit dalam konsumsi bahan bakar.  Untuk bisa irit bahan bakar ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pengemudi diantaranya yaitu:

Perhatikan Putaran mesin (RPM)
Baik mobil manual ataupun mobil matic, tips paling efektif untuk menghemat konsumsi BBM adalah dengan memperhatikan putaran mesin. Umumnya, efektifnya konsumsi BBM dan juga tenaga yang dihasilkan adalah sekitar 2.500-3.000 rpm.

Gas Secara Perlahan
Pada dasarnya, saat anda melepas pedal rem dengan posisi tuas transmisi di D maka mobil sudah dapat meluncur maju. Oleh karena itu, anda hanya perlu menekan pedal gas secara perlahan untuk menambah kecepatan saja. Tidak perlu terlalu dalam, sehingga aliran konsumsi bahan bakar juga tidak akan terlalu deras. Kecuali jika anda ingin memperoleh akselerasi yang cukup tinggi.

Kecepatan yang Stabil
Dengan berkendara menggunakan kecepatan yang konstan, maka anda akan menurunkan intensitas untuk memainkan pedal gas. Semakin sering kita menginjak pedal gas lebih dalam, maka semakin banyak pula konsumsi BBM yang dibutuhkan.

Jaga Jarak Aman Mobil Anda
Selain kecepatan yang konstan, jarak aman dengan kendaraan di depan anda juga perlu diperhatikan. Hal ini penting agar anda tidak perlu melakukan menginjak rem atau mengurangi kecepatan secara mendadak. Sehingga jika mobil di depan anda mengurangi kecepatan, maka anda dapat mengurangi kecepatan secara perlahan baik dengan mengurangi gas atau menggunakan engine brake. Sehingga, saat anda akan menambah kecepatan kembali maka anda tidak perlu menginjak gas terlalu dalam atau tidak perlu membuang banyak tenaga.

Saat Terjebak Kemacetan
Jika anda berkendara melewati jalur dengan tingkat kemacetan tinggi, maka disarankan untuk menggunakan transmisi di posisi 2/S. Posisi ini pada mobil manual mungkin bisa disamakan sedang berada di posisi gigi 1 atau 2. Dengan cara ini, ketika mobil maju perlahan saat macet, maka anda akan mendapatkan engine brake saat melepas gas sehingga tidak perlu menginjak rem mendadak untuk berhenti. Namun jika macet dikarenakan lampu lalu lintas atau perlintasan kereta api, maka anda dapat menempatkan transmisi pada posisi Netral (N) untuk menunggu lampu kembali hijau atau kereta sudah lewat.

Artikel Terkait

Servis Mobilmu Secara Berkala, Agar Tahan Lama dan Tidak Bermasalah Dikemudian Hari

Rawatlah kendaraanmu secara rutin sesuai dengan yang tertera pada buku panduan pemilik dan buku servis berkala. Sebab, kerusakan komponen atau tidak berfungsinya sistem merupakan salah…

Open chat